Rabu, 07 September 2016

The miracle of praying

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dan Rabbmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS al-Mu’min: 60).

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. “(QS: Al-Baqarah: 186)

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin: 60)

Siapakah yg tidak pernah berdoa sekalipun dalam hidupnya? Saya yakin semua manusia pernah berdoa secara sadar maupun refleks atau tdk sadar..karena di dalam alam bawah sadarnya (subconscious mind) manusia itu sangat mempercayai Allah meskipun terkadang banyak manusia yg sombong bahkan menjurus atheis. So back to the case...

Otak manusia terdiri dari 3 bagian:

1. Inner mind (pikiran paling dalam)
2. Subconscious mind (pikiran alam bawah sadar) yg memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen (Ingatan Jangka Panjang), persepsi, pepribadian,intuisi, kreativitas, dan keyakinan. 
3. Super conscious mind (pikiran sadar) atau biasa disebut roh manusia.

Bersadasarkan bagian2 otak tersebut dikatakan bahwa keyakinan dan perasaan yang biasa berhubungan dengan doa terdapat pada subconcious mind. Taukah kamu alam bawah sadar tidak pernah istirahat atau berhenti bekerja dalam kondisi apa pun. Pikiran bawah sadar tidak dapat dipengaruhi oleh pengaruh narkoba, alkohol, atau kondisi apa pun. Bahkan dalam keadaan koma sekalipun, alam bawah sadar tetap bekerja. Otak kiri atau pikiran objektif akan istirahat ketika seseorang tidur karena otak kiri bekerja melalui panca indra. Namun otak bawah sadar (bagian kanan) memiliki kemampuan yang sering disebut kemampuan “indra keenam”. Dengan kata lain, setiap manusia telah memiliki indra keenam sejak lahir.

Artinya pikiran bawah sadar adalah sesuatu teknologi canggih ciptaan Tuhan yang sengaja ditundukkan untuk kepentingan manusia. Sadar bahwa ada alam bawah sadar yang terus hidup tanpa kita suruh dan tanpa kita sadari telah sudah melakukan tugasnya sesuai apa yang diperintahkan oleh Allah swt. Subhanallah...

Itulah mengapa saya sangat mempercayai sebuah doa. Itupun saya aplikasikan ke dalam kehidupan nyata. Sedikit bercerita, semua orang pasti memiliki masalah masing2 dlm hidupnya, masalah bahagia, masalah kesedihan, dsb begitupun saya. Sejak kecil saya sudah ditinggal ayah tercinta dan sejak itu juga kehidupan saya banyak ditimpa kesedihan. Why? Pastilah...anak2 merasa iri, merasa ingin disayangi, merasa ingin diperhatikan..tapi itu tdk saya peroleh dari ayah yg telah tiada dan sayapun merasa iri dengan anak2 lain. Mulai dari kehidupan sosial sampai masalah keuangan menjadi masalah yg amat serius bagi saya. 😖
Ibu saya seorang ibu rumah tangga tidak punya usaha dan jarang bersosialisasi keluar rumah krn ayah saya mewajibkan ibu saya dirumah untuk anak2. Kebayangkan ketika ayah saya tiada dari mana dan bagaimana ibu saya melanjutkan hidup dengan anak2nya... Its so complicated, right? Tidak ada jalan lain kecuali kembali kepada Allah SWT. Ibu saya mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT, berhijab, sholat, mengaji, puasa dll. Karena bukankah ada Hadis riwayat Abu Hurairah ra., yang menjelaskan:

“Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman: Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jamaah manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”

Itulah yang menjadi kekuatan ibu saya untuk melanjutkan hidup. Minta petunjuk, minta pertolongan, dan yang pasti minta ampun kepada sang Khalik.
Alhamdulillahirabbil'alamiin akhirnya selalu ada jalan. Ibu bisa menghidupkan anak2nya dengan usaha kecil-kecilan. Awalnya tante saya (Ibu Nurlela) pesan mukena kepada ibu saya untuk kantornya. Dari sanalah ibu mulai usahanya. Dengan banyak pesanan orang dari waktu ke waktu membuat ibu saya dapat menyekolahkan dan menghidupi anaknya. Bukan cuma itu aja, bahkan paman saya (bp Wandi) yg juga kakak dari almarhum ayah saya berkomitmen setiap bulan mengirimi ibu uang untuk bantu-bantu memenuhi kebutuhan saya dan adik saya. Subhanallah walhamdulillah walaaillahaillahuwallahu akbar... Tidak terduga semua pemberian Allah dengan kita berdoa, saya bisa les private di rumah, les ini itu di luar, bisa sekolah di sekolah islam elit bisa punya hp canggih. Wow...nikmat manalagi yg kau dustakan... Secara logika seorang ibu yang gak punya kerjaan tetap dan gak bersosialisasi bisa menghidupi anaknya hampir sama dengan org tua lain yg punya kerjaan dan usaha tetap. How can? Just Allah can do everything eventhough its impossible for you. Dari sanalah saya percaya, setiap kebahagian dan kesedihan hanya dapat saya share ke Allah dengan doa. Di saat belum ada jodoh, tidak punya uang, belum memiliki anak, dan di berbagai kondisi lainnya, di saat usaha gagal, usaha lagi dan gagal lagi, lalu kembali tertunduk di hadapan Allah dengan memohon ampun dan meminta petunjuk dengan penuh keyakinan maka sayapun dibukakan jalan oleh Nya, dapat jodoh, dapat rezeki, dapat anak, Thanks Allah... Itulah cerita kisah saya yg mungkin bs menjadi inspirasi dan dorongan kita semua agar bisa meningkatkan iman dan kembalikan semua kepada Allah SWT.

Berikut waktu-waktu yang insya Allah baik dalam berdoa:

1. Pertengahan malam terakhir

Seperti pada Firman Alloh yg berbunyi : ” Sesungguh-nya Rabb kami yg maha berkah lagi maha tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam akhir malam lalu berfirman : ” Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti ku akan perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya ( HR. Bukhari) “.

2. Setelah sholat wajib

Syaikh bin Baaz berkata. ” Kata Duburush shalat bisa berarti akhir shalat, tetapi sebelum salam, jg bisa berarti sesudah salam. Banyak sekalii hadist2 yg menunjukkan kpd dua pengertian itu, Namun kebanyakan hadits2 itu menunjukkan bahwa yg dimaksud adlah akhir Sholat, tetapi sebelum salam karena hal itu adda kaitan-nya dg Doa “.

3. Malam Lailatul Qodar

Dlm Surat Al-Qur’an menjelaskan bahwa” Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan . Pd Malam ittu turun malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dg izin tuhan-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampaii terbit-nya fajar (QS. Al-Qadr: 3-4)”.

4. Waktu Antara Adzan dan Iqamah, ” Doa tidak akan ditolak antara Adzan dan Iqamah” ( HR. – Abu daud )”.

5. Waktu Pada Saat Turun Hujan, ” Dua Doa yg tidak pernah ditolak : Doa Pd Waktu Adzan dan doa pd waktu hujan ” (HR. Hakim).

6. Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah, ” Ada 2 (dua doa yg tidak bertolak / jarang tertolak yaitu pd saat Adzan dan Doa saat perang berkecamuk ” (HR. Abu Daud).

7. Waktu pada Saat Hari Jum’at

“Sesungguh-nya pd hari Jum’at ada satu saat yg tidak bertepatan seorang hamba muslim sholat dan memohon sesuatu kebaikan kpd Alloh melainkan akan diberikan kpd-nya dan beliau bersyaratt dg tangan-nya akan sedikitnya waktu tersebut ( HR. Bukhari)”. Tetapi dimungkinkan jg bahwa yg dimaksudkan adlh waktu antara Khutbah dan Shalat.

8. Ketika Bersujud dlm Sholat

” Adapun pd waktu sujud, maka bersungguh – sungguhlah berdoa sebab pd saat itu sangat tepat untuk dikabulkan (HR. Muslim)”.

9. Waktu Tidur dlm Keadaan Suci

Saat kita tidur dlm keadaan suci kemudian bangun pd malam hari lalu membaca doa yg ma’tsur (Doa yg datang darii Nabi Muhammad Saw), ” Tidaklah seseorang hamba tiidur dlm keada’an suci lalu terbangun pd malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan duniat atau akherat melainkan Alloh akan mengabulkan-nya ( HR. Ibnu Majah)”..

10. Saat Memanjatkan Doa, ” Laa Ilaaha illa anta Subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin”

11. Doa Setelah meninggalnya seseorang

Ketika si mayat baru saja meninggal dunia atau memejamkan mata seperti sabda Nabi Saw ” Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah mendatangi rumah Abu Salamah (Pada hari wafatnya) dan beliau mendapatkan kedua mata abu salamah terbuka lalu beliau memejamkan-nya seraya bersabda ” Sesungguhnya tatkala ruh diicabut, maka pandangan mata akan mengikutiinya’, Beliau Bersabda : ” Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yg kamu ucapkan ( HR. Muslim)”..

12. Waktu saat ditimpa suatu musibah

Yaitu dg membaca ” Inna Lillahi wa inna ilaihi Raaji’un Allahumma’ jurnii fii mushibatii, wa akhliflii khairam minhaa”, Artinya ” Sesungguhnya kita adlh kepunyaan Alloh dan kpd-nya kita akan kembali. Ya Alloh berilah ganjaran dlm musibahku ini dan berikanlah ganti kepadaku yang lebih baik darinya”..

13. Doa Orang Yg Sedang Berpuasa Sampai Berbuka

“Berkata Rasulullah saw: Terdapat tiga kaum yang doanya tidak akan ditolak: imam yang adil, orang yang puasa sampai dia berbuka, dan orang yang teraniaya.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah ra)

14. Doa setelah berwudhu
Dari Umar bin Khoththob rodhiallau ‘anhu, Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

Tidak ada seorangpun di antara kalian yang berwudhu dengan baik (menyempurnakannya) kemudian berdoa:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Zat yang wajib diibadahi kecuali hanya Allah tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Kecuali dibukakan baginya delapan pintu jannah yang ia boleh masuk dari mana yang dia inginkan.

[HR. Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi]


15. Doa pada saat Bulan Ramadhan

Rasulullah bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan bahwa perowinya tsiqoh -terpercaya-. Lihat Jami’ul Ahadits, 9: 224)

16. Doa orang tua atas anaknya dan doa seorang musafir

17. Doa orang – orang yg benar – benar dlm keadaan terjepit 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

18. Doa pemimpin yang adil

Terdapat dalam hadist pada poin no. 17


19. Doa anak yg berbakti kpd kedua orang tuanya

20. Doa pada hari Arafah di Arafah

Semoga bermanfaat dan kita menjadi manusia yang mengerti dan sadar akan keajaiban sebuah doa.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar